-

Kamis, 02 Agustus 2018

Menoleh sejenak pada fakta tentang radang amandel

Menoleh sejenak pada fakta tentang radang amandel,- Pernah mengalami radang amandel atau lebih sering disebut dengan amandel? Atau bahkan sekarang kamu susah menelan makanan karena terganggu oleh radang ini? Lalu, apakah kamu mengenal radang amandel dengan baik?

Radang amandel atau dikenal dengan istilah tonsilitis adalah infeksi atau radang pada amandel. Amandel sendiri merupakan bola dari jaringan getah bening di kedua sisi tenggorokan di bagian atas dan belakang lidah. Bola ini merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh karena membantu tubuh melawan infeksi.

Apakah penyebab radang amandel?

Radang amandel biasanya akan menghilang setelah 4-10 hari. Radang ini seringkali disebabkan oleh virus. Penyebab lain (yang jarang terjadi) radang ini disebabkan oleh bakteri yang sama yang menyebabkan radang tenggorokan. Dalam kasus yang jarang terjadi, radang amandel disebabkan oleh jamur atau parasit.

Radang amandel menyebar melalui udara dalam tetesan kecil ketika orang yang terinfeksi bernapas, batuk atau bersin. Tetesan tersebut membawa virus yang akan menginfeksi orang lain yang menghirupnya, atau melalui kulit dan benda-benda yang bersentuhan dengan mulut, hidung atau mata.

Bagaimana gejala yang dimunculkan?

Gejala utama radang amandel adalah sakit tenggorokan. Selain itu, radang amandel juga menunjukkan gejala, antara lain:

tenggorokan dan amandel merah dan bengkak
terdapat bintik-bintik pada amandel atau bahkan terdapat nanah
demam
muncul flu dengan gejala pilek, hidung tersumbat, bersin, batuk (jika disebabkan virus)
Gejala bisa muncul dengan adanya rasa sakit tenggorokan yang diiringi dengan demam dan pembengkakan kelenjar getah bening. Hanya saja, jika gejala ini tak diiringi dengan gejala pilek, maka infeksi kemungkinan disebabkan oleh bakteri. Ini juga merupakan pertanda yang mengisyaratkan agar kamu segera mengunjungi dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar